PERBEDAAN FDD & TDD DALAM TEKNOLOGI LTE

Apa itu 4G?


4G adalah singkatan fourth generation atau generasi keempat (dari teknologi selular). Secara garis besar ini menandakan perbedaan kecepatan (internet). 4G lebih cepat daripada 3G (third generation / generasi ketiga). Nanti kalau ada perkembangan teknologi lagi, kemungkinan akan dinamakan 5G dan seterusnya.
Ada empat faktor yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan salah satu generasi dari teknologi telekomunkasi ini, yaitu:
  1. Infrastuktur jaringan telekomunikasi yang memadai
  2. Operator telekomunikasi yang mendukung
  3. Paket internet yang sesuai
  4. Perangkat yang mendukung.
Sebagai contoh, jika sobat ingin menikmati jaringan 4G maka harus memenuhi syarat:
  1. Di daerah sobat sudah tersedia jaringan 4G, misalnya sudah ada BTS / menara telekomunikasi yang menyediakan sinyal 4G
  2. Sobat sudah menggunakan kartu telepon / SIM Card dari operator yang mendukung teknologi 4G. Kartu SIM 3G berbeda dengan 4G, jadi kalau masih pakai SIM card yang lama, mesti ditukar ke yang versi 4G.
  3. Mengaktifkan paket internet 4G (Biasanya operator membedakan paket internet 3G dengan 4G)
  4. Sobat harus menggunakan perangkat (handphone) yang mendukung jaringan 4G.
Jika salah satu dari keempat ketentuan diatas tidak dipenuhi, maka kita tidak bisa pakai jaringan 4G.
Pemerintah yang didukung oleh provider seluler dan produsen telepon saat ini sedang gencar untuk mengajak masyarakat menggunakan 4G, bahkan ada wacana untuk menghapuskan teknologi 2G yang dirasa sudah ketinggalan jaman serta menghabiskan sumber daya jaringan sehingga menghambat perkembangan teknologi.

4G, LTE, WiMAX, FDD, TDD?

LTE (Long Term Evolution) dan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah teknologi yang termasuk ke dalam 4G (generasi keempat).
Sedangkan FDD (Frequency Division Duplexing) dan TDD (Time Division Duplexing) termasuk kedalam teknologi LTE. Kalau dikategorikan seperti ini:
Teknologi yang termasuk 4G:
  • WiMAX
  • LTE. Yang termasuk teknologi LTE:
    • FDD
    • TDD
  • Jadi, kalau sobat baca spesifikasi handphone dan tertulis LTE, berarti ponsel tersebut sudah support 4G.
    Dulu di Indonesia pernah menggunakan teknologi WiMAX yang difasilitasi oleh provider Sitra dari PT. First Media, tapi setau saya sudah tutup / tidak beroperasi lagi. Jadi untuk saat ini setau saya 4G di Indonesia hanya menggunakan teknologi LTE saja.
    Ada juga sebutannya LTE Advanced (atau disebut juga 4G+) yang merupakan pengembangan dari teknologi LTE. LTE biasa / standard memiliki kecepatan sampai 100 Mbps, sedangkan yang advanced memiliki kecepatan sampai 300 Mbps.

4G di Indonesia pakai FDD atau TDD?

Jawabannya adalah: keduanya. Untuk provider di Indonesia menggunakan jaringan berikut:  
  • LTE Band 5 (B5) FDD 850 Mhz
  • LTE Band 8 (B8) FDD 900MHz
  • LTE Band 3 (B3) FDD 1.800MHz
  • LTE Band 40 (B40) TDD 2.300MHz.
Lebih detilnya, dibawah ini adalah jaringan 4G yang digunakan oleh operator telepon di Indonesia:
  • Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  • Tri / Three / 3: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Telkomsel / Simpati: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz dan B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Indosat / Mentari (Ooredoo): B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz dan B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz dan B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  • Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz dan B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
Jadi, yang menggunakan FDD (saja) adalah Tri, Telkomsel, Indosat dan XL. Sedangkan yang menggunakan TDD (saja) adalah Bolt. Sedangkan Smartfren menggunakan teknologi TDD dan FDD.
Selain FDD dan TDD, LTE juga mempunyai varian lain, yaitu LTE Advanced. LTE Advanced merupakan pengembangan lanjutan dari teknologi LTE yang memungkinkan jaringan memiliki pencapaian coverage area yang lebih besar, lebih stabil dan lebih cepat.
Biasanya pengembangan ini dicapai di antaranya dengan penggunaan teknik multi antena (MIMO), dan penambahan Relay Nodes.
Beberapa operator seperti di Korea Selatan dan Jepang sudah menggunakan teknologi ini. Hasilnya yang terlihat adalah transmit data yang lebih cepat.
Kalau biasanya pada LTE Standard kecepatan download real mencapai 10-100 Mbps, dengan teknologi LTE Advance kecepatan tersebut meningkat menjadi 100-300Mbps.
Sementara 4G+ sendiri biasa digunakan sebagai istilah lain dari LTE Advanced.

0 komentar

Post a Comment